History of Skateboard

Gak usah pake lama Gan, liat aja nih,,,sejarah papan luncurr alias skate-board dri prtma hingga kini ;) ,,, cekidott    :

Skateboard tertua
Skateboard pertama kali dimulai pada tahun 1950-an, ketika seluruh peselancar California mendapatkan ide untuk mencoba berselancar di jalanan. Tidak ada yang benar-benar tau siapa yang membuat papan luncur pertama - sebaliknya, tampaknya bahwa beberapa orang datang dengan ide serupa pada saat yang sama. Beberapa orang menyatakan telah menciptakan skateboard yang pertama, tapi tidak ada yang bisa dibuktikan, dan skateboard tetap menjadi ciptaan spontan yang aneh.

Pemain-pemain pertama skateboard ini dimulai dengan kotak kayu atau papan dengan roda dari sepatu roda yang menampar di bagian bawah. Seperti yang kamu bayangkan, banyak orang terluka pada awal tahun ber-skateboard ini! Itu adalah olahraga yang hanya dilahirkan dan ditemukan, pada kesempatan apapun. Kotak-kotak itu diubah menjadi papan, dan akhirnya perusahaan memproduksi lapisan papan yang dipres dari kayu - mirip dengan papan skateboard saat ini. Selama ini, bermain skateboard terlihat sebagai sesuatu yang harus dilakukan untuk bersenang-senang setelah berselancar.

Pada tahun 1963, skateboard berada di puncak popularitas, dan perusahaan seperti Jack, Hobie, dan Makaha mulai mengadakan kompetisi ber-skateboard. Pada saat ini, skateboard paling sering dimainkan untuk menuruni slalom atau gaya bebas. Torger Johnson, Woody Woodward, dan Danny Berer adalah beberapa pemain skateboard terkenal pada waktu itu, tapi apa yang mereka lakukan kelihatan hampir sama sekali berbeda dari permainan skateboard apa yang tampak seperti hari ini! Gaya mereka bermain skateboard, yang disebut "gaya bebas" alias “freestyle”, lebih tampak seperti menari balet atau berselancar es dengan skateboard.

Kemudian, pada tahun 1965-an, popularitas skateboarding tiba-tiba jatuh. Most people assumed that skateboarding was a fad that had died out, like the hoola hoop. Kebanyakan orang menganggap bahwa bermain skateboard adalah sebuah tren yang telah mati, seperti halnya hoola hoop. Perusahaan Skateboard bangkrut, dan mereka yang ingin meluncur harus membuat skateboard sendiri lagi dari awal.

Tapi orang masih bermain papan luncur, meskipun ini adlh bagian sulit untuk menemukan dimana papan luncur dibuat. Pemain skateboard menggunakan roda tanah liat untuk papan mereka, yang sangat berbahaya dan sulit untuk mengontrol. Tapi kemudian pada tahun 1972, Frank Nasworthy menciptakan uretan skateboard roda, yang mirip dengan apa yang kebanyakan digunakan saat ini. Perusahaannya disebut Cadillac Wheels, dan penemuan ini memicu minat baru dalam skateboard di antara peselancar dan orang-orang muda lainnya.

ZEPHYR TEAM
Pada musim semi tahun 1975, skateboard mengambil dorongan & meningkatkan evolusi terhadap olahraga yang kita lihat sekarang. Di Del Mar, California, slalom dan kontes freestyle diadakan dalam Ocean Festival. Hari itu, tim Zephyr menunjukkan pada dunia apa yang bisa dilakukan dalam bermain skateboard. Mereka mengendarai papan luncur mereka seperti tidak ada orang yang di mata publik, rendah dan halus, dan skateboard diambil dari menjadi hobi untuk sesuatu yang serius dan menarik. Tim Zephyr memiliki banyak anggota, tetapi yang paling terkenal adalah Tony Alva, Jay Adams dan Stacy Peralta.

Tim Zephyr, dan semua pemain skate yang ingin menjadi seperti mereka, juga membuat skateboard bahkan lebih menegangkan di mata publik, dan menambahkan sentimen anti kemapanan yang kuat yang masih tersisa dalam skateboard saat ini.

Pada tahun 1978, hanya beberapa tahun ke popularitas gaya baru bermain skateboard low-to-the-ground, seorang skater bernama Alan Gelfand (dijuluki "Ollie") menciptakan gerakan yang memberikan revolusi lompatan lain dalam skateboard. Dia akan membantingkan kaki belakang ke bawah di ekor papan dan melompat, sehingga muncul dirinya dan papan itu ke udara. Ollie ini lahir, sebuah trik yang benar-benar merevolusi skateboard - kebanyakan trik saat ini berbasis melakukan sesuatu saat ollie. Triknya masih menyandang namanya, dan Alan Gelfand dinobatkan ke dalam hall of fame skateboard pada tahun 2002.

Sayangnya, menjelang akhir 70, skateboard dihadapi jatuhnya popularitas yang kedua kali.  Taman skate publik telah dibangun, tetapi dengan skateboard menjadi seperti kegiatan yang berbahaya, tingkat asuransi keluar kendali. This, combined with less and less people coming to use skateparks forced most to close. Hal ini, dikombinasikan dengan kurangnya dan  sedikit orang yang datang untuk menggunakan taman untuk bermain skate, kebanyakan orang memaksa untuk menutupnya.

Tetapi pemain skate terus bermain. Melalui 80 pemain skateboard mulai membangun jalur landai mereka sendiri di rumahnya, dan untuk skate apa pun yang bisa mereka temukan. Skateboard mulai lebih dari suatu gerakan low-to-the-ground, dengan para skater beranjak naik, tetapi untuk membuat seluruh dunia ke taman skate mereka.

Selama tahun 80-an, perusahaan skateboard yang lebih kecil yang dimiliki oleh pemain skateboard mulai dikumpulkan. Hal ini memungkinkan setiap perusahaan untuk menjadi kreatif dan melakukan apapun yang mereka inginkan - gaya baru dan bentuk papanpun dicoba.

Itu juga selama tahun 80-an, VCR datang di tempat kejadian, dan membuka mata dunia dari skateboard untuk anak-anak, dimana saja. Stacey Peralta dan George Powell tertarik bersama tim muda yang berbakat skateboard, mereka bernama Bones Brigade. Stacey punya bakat untuk syuting, dan pada tahun 1984 syuting pertama dari seri panjang video revolusi skateboard - The Bones Brigade Video Show. Tim ini melibatkan Steve Caballero , Tony Hawk , Mike McGill, Lance Mountain, Rodney Mullen , Stacy Peralta, dan Kevin Staab, diantara kesatuan lain pemain skate bernama besar. Peralta membuat lebih banyak video Bones Brigade - Future Primitive pada tahun 1985, dan yang terkenal yaitu Search For Animal Chin pada tahun 1987. Ada banyak, dan banyak lagi. Skateboard mulai mempengaruhi gaya pakaian, musik dan budaya.

Sayangnya, menjelang akhir 80-an, popularitas skateboard mulai tenggelam lagi. Skateboard Vert kehilangan popularitasnya dengan cepat, dan kebanyakan pemain skate paling hanya menaikinya di jalanan. Setiap waktu popularitas skateboard jatuh, ia jatuh sedikit kurang. Namun desinfleksi ini memiliki dampak besar pada pro skaters dalam popularitasnya. Pemain skateboard vert Murni seperti Tony Hawk memiliki waktu yang sangat sulit berpegang melalui akhir 80-an dan awal 90-an. Stress pada Tony Hawk sungguh luar biasa, dan dia bahkan kehilangan istri pertamanya selama ini.

Skateboard Vert mengambil ketenarannya di awal tahun 90-an, tapi skateboard masih tetap, meskipun itu menjadi utama jalanan. Saat itulah Mike Vallely dan Natas Kaupas datang di tempat kejadian dan mendorong jalanan skateboard lebih jauh.

Natas Kaupas
Skateboard mulai tumbuh lagi populer di 90-an, kali ini dengan lebih mentah, lebih tegang, dan lebih berbahaya. Hal ini bertepatan dengan munculnya angry punk music lagi, dan ketidakpuasan umum dengan sistem saat ini yang mengamuk di seluruh waktu-waktu tersebut. Sebut saja ketidakpuasan, atau sebut itu Post Modern frustrasi, tetapi kesan dari yang buruk, pemain skate yang tak berpengalaman muncul ke permukaan keras dan bangga. Menariknya, ini hanya membantu sebagai bahan bakar popularitas skateboarding.

Pada tahun 1995, ESPN mengadakan Extreme Games pertamanya, di Pulau Rhode. X Games pertama ini sukses besar, dan membantu menarik skateboard lebih dekat ke mainstream, dan lebih dekat untuk diterima oleh masyarakat umum. Pada tahun 1997 Musim Dingin pertama X Games diadakan, dan "Extreme Sports" digolongkan. Banyak pemain skateboarding membenci cara telah perlahan pindah dari underground untuk mainstream. Namun, X Games tidak membawa vert skateboard kembali ke popularitas. X Games dan kompetisi seperti itu harus terus menjaga vert skateboard tetap populer, meskipun beberapa vert pemain skate benar-benar naik pada real vert ramps. Skateboard Vert Skateboard telah perlahan-lahan menjadi olahraga yang dicintai banyak penonton.

Sejak tahun 2000, perhatian di media dan produk-produk seperti video game skateboard, skateboard anak-anak dan periklanan telah banyak menarik skateboard lebih dan lebih dekat ke mainstream. Keuntungan dari ini, tentu saja, pemain skate lebih diterima, dan asumsi bahwa semua skaters adalah penjahat secara perlahan sedang diruntuhkan. Juga, dengan lebih banyak uang yang dimasukkan ke dalam permainan skateboard, ada skateparks lebih banyak, skateboard lebih baik, dan perusahaan skateboard lebih banyak untuk terus berinovasi dan menemukan hal-hal baru.

Namun, ada satu kelompok besar skaters yang kehilangan hari-hari nya, dan yang sangat tidak setuju dengan cara skateboard telah dibuat lebih utama. Satu keuntungan dari bermain skateboard adalah bahwa hal itu adalah kegiatan yang sangat bersifat individual. Tidak ada jalan yang benar atau salah untuk skating. Bagaimanapun, jika skateboarding secara resmi diklasifikasikan sebagai "olahraga", skaters banyak yg khawatir bahwa kebebasan ini akan hilang & mati. Saat ini ada banyak kekhawatiran tentang skateboard menjadi olahraga Olimpiade.

Tapi, dengan semua sejarah ini berdesakan seperti waktu yang singkat, mudah untuk melihat bahwa tidak ada yang tahu di mana skateboard benar-benar akan pergi dari sini. Skateboard masih tidak berhenti berevolusi, dan skaters akan datang dengan trik baru setiap saat. Papan luncur juga terus berkembang, karena perusahaan mencoba untuk membuat mereka lebih ringan namun lebih kuat, atau mencoba untuk memperbaiki kinerja mereka.

Skateboarding has always been about personal discovery and pushing oneself to the limit, but where will skateboarding go from here? Wherever skaters continue to take it.

Go Skateboarding Day

Video Pro skaters...
video

Oia Gan,,,ada bbrpa pro skater nih:


Mike Vallely



Tony Hawk
Rodney Mullen
Category: 0 komentar

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan komentar atas kritik, saran, dan kesan anda pada post ini. Mohon tidak melakukan SPAM. Dan jika ada DEAD LINK, mohon laporannya, terima kasih.


Terima kasih atas kunjungan anda :::Semoga blog ini bermanfaat bagi anda semua:::